Bait Duri Mawar

Langkahmu berlari semakin menjauh, meninggalkanku yang terseok-seok menggapaimu

Bahkan tak ada lagi ruang tersisa

Untuk nama yang tak akan pernah kau ingat dalam hujanmu

Aku hanya bisa menjumpaimu dalam mimpi, lalu terbangun dalam tangis sepi

Hanya akan merobek logika yang lama mati

Hanya bisa menambah luka dalam perih

 

Aku terlupakan oleh sederetan nama yang datang dan pergi menghampirimu

Yang ingin berbicara dalam bahasa hati, maupun yang ingin mendapatkan hati

Kau hanya akan menghampiriku kala cinta tak ada dalam bahasamu

Kala waktu menyempitkanmu dalam tanggung jawab penuh

Karena hanya itulah alasanmu mengingat namaku

Tak peduli setiap getir puisiku menyembunyikan wajahmu

Tak peduli setiap tangis dalam mimpiku adalah karena membayangkanmu

 

Aku bukan senja tempatmu berbagi kisah

Bukan pula hujan sore yang menjadi tempatmu merindu

Juga bukan angin tempatmu berbisik lirih

Tetapi tanpa kau tau, aku selalu menyisipkan doa kebahagiaanmu

dalam angin, hujan sore, dan senja itu

Sesederhana itulah aku terhadapmu

Meskipun lirih bait puisiku tak akan tersampaikan

Meskipun diri ini tak akan hadir dalam lamunan tengah malam

 

Nyatanya terlampau sulit, melepaskan pikiran yang logikanya telah hilang oleh kenangan yang juga dicuri oleh kehampaan

Karena aku tak pernah bisa mencabut mawar sampai ke akarnya

Bahkan hingga kini mawar penuh duri itu masih kugenggam

Dalam bait-bait puisiku, luka menjadi tinta yang menjelma klausa

Luka oleh mawar itu

Mewarnai malam dengan pesona dan sakitnya

Mengingatkan kenyataan yang tak lagi terhindar

 

Aku masih memegang duri mawar yang harum itu

Aku jelas tak bisa melangkah lagi, namun aku tak ingin harum itu pergi

Leave a Reply

